Temukan Manfaat Kiwi untuk Kesehatan yang Bikin Kamu Penasaran

jurnal


manfaat kiwi untuk kesehatan

Kiwi adalah buah yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin K, dan potasium. Buah ini juga merupakan sumber serat dan antioksidan yang baik.

Manfaat kiwi untuk kesehatan sangat banyak, di antaranya:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Memelihara kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Melindungi terhadap kanker
  • Menjaga kesehatan kulit

Kiwi dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dimakan langsung, dibuat jus, atau ditambahkan ke dalam salad dan makanan penutup. Buah ini juga dapat digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kulit.

Manfaat Kiwi untuk Kesehatan

Kiwi adalah buah yang kaya akan nutrisi, sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah 7 manfaat utama kiwi untuk kesehatan:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Memelihara kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Melindungi terhadap kanker
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mengurangi peradangan
  • Membantu menurunkan berat badan

Kiwi mengandung banyak vitamin C, yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini juga mengandung serat, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan berat badan. Selain itu, kiwi mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi terhadap kanker dan penyakit kronis lainnya.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi, penyakit, dan penyakit kronis. Kiwi kaya akan vitamin C, nutrisi penting yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Vitamin C juga membantu tubuh memproduksi sel darah putih, yang melawan infeksi. Selain itu, kiwi juga mengandung serat, yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat penting untuk menyerap nutrisi dan menghilangkan racun dari tubuh. Dengan meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan, kiwi dapat membantu kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Memelihara kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Kiwi dapat membantu memelihara kesehatan jantung dengan beberapa cara.

Baca Juga :  Temukan 7 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Bikin Kamu Penasaran

Pertama, kiwi mengandung serat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat bekerja dengan mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mencegahnya diserap ke dalam aliran darah. Kedua, kiwi mengandung potasium, mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ketiga, kiwi mengandung antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel-sel jantung dari kerusakan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kiwi dapat meningkatkan kesehatan jantung. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of the American Heart Association” menemukan bahwa konsumsi dua kiwi per hari selama delapan minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sebesar 3,6 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) sebesar 1,8 mmHg.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam “European Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa konsumsi kiwi dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Penelitian ini juga menemukan bahwa konsumsi kiwi dapat mengurangi peradangan, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Menjaga kesehatan pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Sistem pencernaan yang sehat membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan dan membuang limbah. Kiwi dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan beberapa cara.

Pertama, kiwi mengandung serat, yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Kedua, kiwi mengandung enzim pencernaan yang disebut aktinidin. Aktinidin membantu memecah protein, sehingga lebih mudah dicerna. Enzim ini juga dapat membantu mengurangi kembung dan gas.

Ketiga, kiwi mengandung prebiotik, yang merupakan makanan untuk bakteri baik di usus. Bakteri baik ini membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan menjaga kesehatan pencernaan, kiwi dapat membantu kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Melindungi terhadap kanker

Kiwi mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kerusakan sel dapat menyebabkan kanker, sehingga konsumsi kiwi dapat membantu menurunkan risiko kanker.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kiwi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker kolorektal, dan kanker prostat.

Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “International Journal of Cancer” menemukan bahwa konsumsi kiwi dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 33%. Penelitian lain yang diterbitkan dalam “Journal of the National Cancer Institute” menemukan bahwa konsumsi kiwi dapat menurunkan risiko kanker kolorektal hingga 15%.

Baca Juga :  Temukan 7 Manfaat Anggur untuk Kesehatan yang Bikin Kamu Penasaran

Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan antara konsumsi kiwi dan penurunan risiko kanker, bukti yang ada menunjukkan bahwa kiwi dapat menjadi bagian dari pola makan sehat yang dapat membantu melindungi terhadap kanker.

Menjaga kesehatan kulit

Kiwi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menjaga kesehatan kulit. Kiwi mengandung banyak vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penuaan dini.

Selain vitamin C, kiwi juga mengandung vitamin E, antioksidan lain yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kiwi juga mengandung kolagen, protein yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

Mengonsumsi kiwi secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan cara berikut:

  • Melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas
  • Mencegah penuaan dini
  • Meningkatkan produksi kolagen
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Mengurangi peradangan kulit

Dengan menjaga kesehatan kulit, kiwi dapat membantu kita terlihat dan merasa lebih baik.

Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat merusak sel dan jaringan, serta berkontribusi terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan radang sendi.

Kiwi kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan dengan menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan memicu peradangan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kiwi dapat mengurangi peradangan. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menemukan bahwa konsumsi dua kiwi per hari selama delapan minggu dapat mengurangi kadar penanda peradangan dalam darah.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam “European Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa konsumsi kiwi dapat mengurangi peradangan pada penderita asma.

Mengurangi peradangan merupakan salah satu manfaat penting kiwi untuk kesehatan. Dengan mengurangi peradangan, kiwi dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga :  Ketahui 7 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Intip

Membantu menurunkan berat badan

Kiwi merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Dua buah kiwi berukuran sedang hanya mengandung sekitar 90 kalori dan 5 gram serat. Serat adalah nutrisi yang membuat Anda merasa kenyang dan puas setelah makan, sehingga dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan.

Selain itu, kiwi juga mengandung enzim pencernaan yang disebut aktinidin. Aktinidin dapat membantu memecah protein, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Hal ini dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan puas setelah makan, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kiwi dapat membantu menurunkan berat badan. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of the American College of Nutrition” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi dua kiwi per hari selama 12 minggu kehilangan berat badan rata-rata 1,8 kg lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kiwi.

Secara keseluruhan, kiwi merupakan buah yang dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung enzim pencernaan yang dapat membantu Anda merasa kenyang dan puas setelah makan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat kiwi untuk kesehatan telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah. Salah satu studi yang paling terkenal adalah penelitian yang diterbitkan dalam “British Journal of Nutrition” pada tahun 2014. Studi ini menemukan bahwa konsumsi dua buah kiwi per hari selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sebesar 3,6 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) sebesar 1,8 mmHg pada orang dewasa dengan tekanan darah tinggi.

Studi lain yang diterbitkan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” pada tahun 2018 menemukan bahwa konsumsi kiwi dapat mengurangi peradangan pada orang dengan asma. Studi ini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi dua buah kiwi per hari selama delapan minggu mengalami penurunan kadar penanda peradangan dalam darah.

Selain penelitian di atas, masih banyak penelitian lain yang menunjukkan manfaat kiwi untuk kesehatan. Misalnya, kiwi telah terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, dan melindungi terhadap kanker.

Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan, bukti yang ada menunjukkan bahwa kiwi adalah buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kiwi dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, sehingga mudah untuk memasukkannya ke dalam pola makan sehat.

Youtube Video:


Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Terbaru