Dirjen Bimas Hindu Resmikan Kantor Sekretariat Bersama PHDI Pusat, Bantu Dana Rp 4,3 Miliar


(Foto: Penandatanganan Prasasti Peresmian Gedung Kantor Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat oleh Dirjen Bimas Hindu Dr. Tri Handoko Seto, S.Si., M.Sc bersama Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya)

Jakarta - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia, Tri Handoko Seto, meresmikan sekretariat bersama Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat bersama Koordinator Staf Khusus Presiden RI, AAGN Ari Dwipayana, dan Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tanaya pada Minggu 22 Agustus 2021 di Jakarta Barat.

Dalam sambutannya, Tri Handoko Seto, menegaskan kepada pengurus PHDI Pusat yang hadir agar menjadikan sekretariat bersama tersebut sebagai rumah gagasan pengembangan Hindu Nusantara.

“Gedung ini harus menjadi rumah bagi gagasan dan ide pengembangan nilai-nilai Hindu Nusantara, karena sebagai umat Hindu kita sangat kaya dengan nilai-nilai kearifan lokal dan warisan budaya luhur nusantara,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali.

Gedung yang mulai dibangun pada Oktober 2019 lalu itu, menghabiskan anggaran sebesar Rp 7,5 miliar yang dikumpulkan dari gerakan gotong-royong berbagai stakeholder keumatan, salah satunya Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI berkontribusi bantuan anggaran sebesar Rp 4,3 miliar.   

“Kita patut berbangga, di tengah situasi pandemi ini, dan setelah 62 tahun berdiri akhirnya PHDI bisa memiliki kantor yang representatif dan sekaligus juga akan menjadi sekretariat bersama bagi organisasi-organisasi keumatan Hindu tingkat nasional," sambungnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tanaya, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh komponen umat atas dukungan dan kontribusi yang diberikan selama proses pembangunan

“Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh komponen umat Hindu dari segala penjuru, karena telah turut bergotong royong membangun rumah bagi umat Hindu Indonesia," tuturnya.

Ia juga berpesan, agar Gedung PHDI Pusat yang baru diresmikan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pelayanan umat.

“Semoga gedung ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengurus PHDI selanjutnya untuk melayani umat dan seluruh organisasi Hindu di seluruh Indonesia," imbuhnya.

Source: https://bali.tribunnews.com/