World Hindu Wisdom Meet diharapkan Persatukan Hindu Dunia

Denpasar - Gubernur Bali Made Mangku Pastika berharap digelarnya acara World Hindu Wisdom di Bali bisa membangun jaringan  dengan sesama masyarakat Hindu dari seluruh belahan dunia. Gubernur menginginkan Bali bisa menjadi pusat Hindu dunia, karena selain ditunjang falsafah agama dari India, Hindu di Bali juga dilengkapi dengan kebudayaan yang sudah mengakar di masyarakat, sehingga kolaborasi itu membentuk keunikan tersendiri.

Hal itu disampaikan Gubernur ketika menerima audiensi dari panitia acara yang tergabung dalam organisasi World Hindu Parisad (WHP) dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Ketut Sebali Tianyar Arimbawa di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Bali, Selasa (4/10/2016).

Gubernur juga ingin memperkenalkan Sekolah Bali Mandara kepada para peserta World Hindu Wisdom Meet (WHWM) yang rencananya akan digelar di Bali pada tanggal 9 Oktober mendatang. Para peserta yang direncanakan  berasal dari Indonesia dan negara-negara tetangga tersebut diharapkan berkesempatan untuk mengunjungi sekolah kebanggaan Pemprov Bali tersebut.

"Terlebih tema yang diusung pada acara yang akan dilaksanakan di Taman Budaya Denpasar  bertajuk “Hindu Contribution To The World Culture and Science” juga menitikberatkan dunia pendidikan dan kebudayaan" ungkap Mantan Kapolda Bali tersebut.

Sementara itu, Ida Pedanda Gede Ketut Sebali Tianyar Arimbawa mengakui telah mengundang tiga pembicara, 2 pembicara dari India yaitu Paramananda Saraswati Mahardja dan Prof SK Oja dari Mumbai University serta satu pembicara dari Bali yaitu Ngakan Putra. Ia menyatakan jika acara pertemuan yang akan digelar di Taman Budaya Denpasar itu akan dihadiri oleh tokoh-tokoh Hindu dari seluruh dunia.

Source: rri.co.id/denpasar