Utsawa Dharma Gita Kembali Digelar

Denpasar - Perhelatan Utsawa Dharma Gita Provinsi Bali XXVI kembali digelar mulai rabu (9/9) hingga jumat (11/9). Tahun ini, Utsawa Dharma Gita diikuti 657 peserta, termasuk pembina, official, dan SKDP dari 9 kabupaten/kota.

Para peserta dari tingkat anak-anak, remaja, dewasa, bersaing dalam 8 jenis perlombaan dengan 37 kategori. Masing-masing bidang yang dilombakan yaitu sloka, palawakya, kidung, dharma wacana, dharma wacana bahasa inggris, dharma widya, geguritan, dan kekawin.

"Rata-rata seluruh Kabupaten itu mengikuti Utsawa Dharma Gita dengan lengkap. Mungkin satu, dua Kabupaten yang tidak lengkap karena terbentur pembiayaan dan masalah teknis lainnya. Tetapi kalau kita lihat peserta, proses pembentukan karakter dan jati diri bangsa melalui pemahaman isi sastra agama sudah kita mulai dari anak-anak" ujar Kepala Dinas Kebudayaan Bali, Dewa Putu Beratha usai acara Pembukaan Utsawa Dharma Gita di Gedung Ksirarnawa Art Center, Denpasar, Rabu (9/9) kemarin.

Melalui acara ini, pihaknya memberikan ruang bagi anak-anak dan remaja agar bisa mencintai dan bangga terhadap sastra-sastra agama. Pada akhirnya, karakter dan jati diri mereka bisa lebih diperkuat sebagai manusia Bali.

Sumber: Koran Bali Post, Kamis Paing, 10 September 2015