Upanayana Simbol Pelantikan Sisya Baru Pasraman Ganesa Parwati di Banyuwangi

Banyuwangi - Puluhan sisya utama widya pasraman (UWP) Ganesa Parwati, di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kidmat mengikuti upacara upanayana.Sabtu (29/7/2017).

Bertempat dibalai utama Ganesa Parwati yang berada di Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo. Sejak pagi para sisya sudah mempersiapakan diri untuk melaksanakan prosesi upacara.

Acara yang berlangsung sejak pagi itu diikuti sebanyak 35 sisya, baik laki-laki dan perempuan dari keseluruhan sisya Ganesa Parwati. Upacara dipuput oleh Ida Bapa Pandhita Giri Arsa dari Padepokan Giri Purwo Santi Gumukrejo, Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo.

Menurut Miswanto, S.Pd.H, selaku kepala Utama Widya Pasraman Ganesa Parwati mengatakan, bahwa setiap peserta didik baru harus melewati beberapa ritual sebelum mereka mengikuti proses pembelajaran di UWP Ganesa Parwati Purwoharjo.

Upacara upanayana merupakan ritual pertama yang wajib diikuti oleh setiap sisya baru. Yang merupakan sebuah ritual pengukuhan peserta didik baru secara niskala.

“Upacara upanayana bertujuan untuk melantik peserta didik baru secara niskala. Selain itu, upacara ini bertujuan untuk  memohon perlindungan kepada  para leluhur yang berstana di sekolah ini, serta untuk menyeimbangkan antara upacara pada sekala dan niskala,” ujarnya.

Peresmian upacara upanayana kepada para peserta didik baru dilakukan dengan simbolis pemakaian karawista.Upacara Upanayana dengan diawali natab tebasan prasista yang bermakna sebagai pembersihan secara rohani, kemudian dilanjutkan dengan persembahyangan bersama.

“Melalui upacara upanayana diharapakan selama tinggal di sekolah ini seluruh sisya hidup tentram dan tidak ada gangguan secara niskala.” tambahnya.

Serangkaian acara Upanayana telah dilalui oleh seluruh sisya baru yang diakhiri dengan natab peras sehingga siswa baru telah resmi dilantik secara niskala.

Oleh: Eko Prastyo