Sosialisasi Tata Cara Berbusana Remaja Saat Datang ke Pura

Badung - Perkembangan jaman yang kian pesat, serta kemajuan Informasi teknologi di era globalisasi sekarang ini sedikit tidaknya memberikan pengaruh kepada para remaja dalam mengikuti trend berbusana.

Pengaruh yang cenderung mengarah ke arah yang negatif atau bertentangan dengan norma berbusana adat di bali khususnya berbusana ke pura. Menanggapi perkembangan seperti ini yang dapat mengikis moral dan mental di kalangan remaja, minggu 6 September 2015, tepat pukul 08.30 Wita Ka.kankemenag kab. Badung I Nyoman Arya S.A.g,M.P.d.H membuka kegiatan dengan tema “Melalui Sosialisasi Tata Cara Berbusana Ke Pura Kita Tingkatkan Etika Dalam Pelestarian Adat dan Budaya” dengan perserta  yang berjumlah 80 orang.

Sosialisasi yang di ikuti dari kalangan remaja ini mengambil tempat di AulaInspektorat Pemerintah Kab. Badung dengan dilengkapi alat serba canggih guna menunjang kelancaran dari kegiatan yang dirancang Ka.kankemenag kab. Badung guna mencegah degradasi mental dari para remaja di Kab. Badung dalam berbusana ke Pura.

Dalam pemaparan materinya, Beliau dengan tegas mengatakan tata cara berbusana kaula muda harus mengikuti norma yang berlaku karena setiap lipatan kain yang membalut tubuh kita mempunyai arti dan makna sesuai dengan kesatuan tafsir Agama Hindu. Disampaikan juga oleh Ka.kankemenag kab. Badung agar kaula muda memahami tata cara berbusana dari tingkatan nista, Madya dan Utama. Dalam sosialisasi tersebut, juga hadir Narasumber dari PHDI Provinsi Bali dan Salon Agung.

Sumber: http://bali.kemenag.go.id