Seleksi Utsawa Dharmagita Tingkat Provinsi DKI Jakarta

Jakarta - H. Abdurrahman Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. DKI Jakarta dalam sambutannya dalam pembukaan Seleksi Utsawa Dharmagita Tingkat Prov. DKI Jakarta menyampaikan Kegiatan Seleksi Utsawa Dharmagita merupakan tindak lanjut dari hasil Audiensi Dirjen Bimas Hindu dengan Gubernur Kepala Daerah Prov. Sumatera Selatan yang telah berkenan Kota Palembang ditetapkan sebagai Penyelenggaraan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional XIII tahun 2017.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kementerian Agama dalam mengemban tugas di bidang Agama mempunyai Visi : Terwujudnya Masyarakat Indonesia Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera Lahir Batin dan mempunyai Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI yaitu : Integritas, Provesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan.

Kegiatan Seleksi Utsawa Dharmagita sebagai perwujudan peningkatan kualitas kehidupan beragama. Yang paling utama adalah Dharmagita berfungsi membentuk dan menumbuhkan budi pekerti luhur. Dalam menyikapi berbagai situasi dan problema kehidupan, baik sebagai individu maupun masyarakat social, penggunaan akal budi harus di imbangi dengan kepekaan hati nurani. Salah satu cara untuk mengasah kepekaan rasa dan hati nurani adalah dengan membaca, menghayati, dan kemudian mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Dharmagita.

Mengapa Dharmagita? Karena Dharmagita merupakan nyanyian suci keagamaan yang diciptakan berdasarkan rasa. Di dalam rasa terjadi sublimasi emosi dari tataran psikologis ke tataran estetik. Dalam proses sublimasi emosiitu, emosi individual ditransformasikan menjadi rasa, yakni pengalaman estetik non-indivial, universal, mengatasi ruang dan waktu. Di situ pengalaman estetik menjadi identik dengan pengalaman religius. Dengan demikian dharmagita merupakan perpaduan antara nilai seni (estetik) dan nilaimoral. Sehingga nilai luhur ajaran Veda mampu dimasyarakatkan juga me-Vedakan masyarakat Hindu secara luas.

Kami atas nama Pemerintah menyambut baik dan mendukung kegiatan Seleksi Utsawa Dharmagita Tingkat Provinsi yang diikuti oleh perwakilan wilayah kota dalam rangka mempersiapkan peserta yang unggul untuk ikut serta dalam Duta Kontingen Utsawa Dharmagita Prov. DKI Jakarta pada Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional ke-XIII di Palembang Sumatera Selatan Tahun 2017.

Acara Seleksi Utsawa Dharmagita di buka oleh Perwakilan Biro Dikmental Prov. DKI Jakarta, Jafar Abdul Malik dengan pemukulan Gong. Acara seleksi Utsawa Dharmagita Tingkat Prov. DKI Jakarta diselenggarakan di Pura Adityajaya Rawamangun, Jakarta Timur. Minggu 2 Oktober 2016.

Source: dki.kemenag.go.id