Pura Puseh Berumur Ratusan Tahun


(Ilustrasi)

Klungkung - Bertepatan dengan Anggara Kasih Tambir, dilaksanakan piodalan di Pura Puseh, Desa Adat Akah, Klungkung, Selasa (8/9) kemarin.

Pura ini merupakan salah satu yang mendapat perhatian dari Dinas Purbakala Provinsi Bali. Terletak disisi jalan raya Besakih, pura ini memiliki arca dan patung kuno yang umurnya diatas 100 tahun, diantaranya Patung Lingga Yoni, arca Dewa Ganesha, dan berbagai ukiran kuno yang masih menempel pada palinggih pura.

Sambil berkeliling menunjukkan beberapa patung kuno yang masih terpasang, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingin Nyonya Ayu Kasta menjelaskan sejarah pura yang diketahuinya.

Menurut Kasta yang juga mantan Bendesa Adat Akah, Pura Puseh ini umurnya sudah lebih dari satu abad. Di Pura ini ada berbagai patung dan arca kuno yang sebagian telah disimpan karena alasan keamanan dan pelestarian. Oleh karena dianggap sebagai situs purbakala, seorang dari Dinas Purbakala ditugaskan mengawasi dan melindungi benda-benda kuno tersebut.

Upacara piodalan yang dilakukan setiap Anggara Kasih Tambir dipimpin oleh Jro Mangku Diasna. Pada upacara ini dilaksanakan pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan segala manifestasinya.

Ratusan pamedek dengan sesajen yang dibawanya hadir untuk melakukan persembahyangan. Pada kesempatan itu Wakil Bupati menyerahkan punia kepada Klian Banjar Sangging, I Nengah Sukena.

Sumber: Koran Bali Post, Rabu Umanis, 9 September 2015