PHDI Banyumas Desak Pemkab Realisasikan Bantuan Pembangunan Sarana Pura

 


(Foto: Anak-anak usia sekolah mengikuti sekolah Hindu yang digelar setiap hari Minggu di komplek Pura Pedalaman Giri Kendeng, Desa Klinting, Kecamatan Somagede)

Banyumas – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Banyumas mendesak Pemkab untuk segera merealisasikan bantuan. Bantuan diperlukan untuk melengekapi sarana Pura Pedalaman Giri Kendeng, Desa Klinting, Kecamatan Somagede.

Ketua PHDI, Minoto Dharmo, mengatakan beberapa sarana yang mendesak adalah Bale Piasan (tempat untuk memuja) dan Bale Kulkul (tempat meletakkan alat komunikasi tradisional yang di masyarakat sering disebut kenthongan).

“Pada 2014 kami sudah pernah mengusulkan anggaran ke Pemkab sebanyak Rp 225 juta. Kemudian tahun 2015 sudah ada tim yang survei ke sini, tapi sampai sekarang kami belum menerima informasi kepastian realisasi bantuan tersebut,” katanya, Senin (23/5).

Selain itu, lanjut dia, Pura yang berada di kawasan perbukitan itu juga membutuhkan fasilitas Gedung Pasraman. Gedung itu berfungsi sebagai pusat pendidikan anak usia sekolah hingga perguruan tinggi untuk menimba ilmu agama.

“Kegiatan sekolah biasanya dilakukan setipa hari minggu. Selain mempelajari ilmu keagamaan, di sekolah itu juga diajarkan ilmu umum dan juga ilmu tentang sosial kemasyarakatan. Sekolah ini sudah dirintis sejak lima tahun yang lalu,” ujar dia.

Source: suaramerdeka.com