Pernyataan Sikap PHDI Terkait Peristiwa Penembakan di Selandia Baru

Pernyataan Sikap PHDI
Terkait Peristiwa Penembakan di Selandia Baru

Sehubungan peristiwa penembakan di dua masjid yaitu di Masjid Al Noor di Deans Ave dan di sebuah masjid di Linwood Ave, Selandia Baru yang terjadi pada Jumat (15/3) waktu setempat, berlandaskan pada nilai-nilai Dharma dalam Weda, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) sebagai Majelis Tertinggi Agama Hindu di Indonesia bersama-sama umat Hindu di Indonesia menyampaikan sikap sebagai berikut:

1. Menyampaikan dukacita yang sedalam-dalamnya kepada korban dan keluarganya, semoga atas karunia Tuhan YME jiwa para korban mendapatkan anugerah terbaik dan keluarganya diberi ketabahan.

2. Mengecam keras tindakan penyerangan dan penembakan yang mengakibatkan tewasnya lebih dari 45 orang tersebut, karena hal ini tidak sesuai dengan nilai-nilai cinta kasih universal “Tat Tvam Asi” yang menjadi Pesan Agung dalam Weda dan nilai-nilai kemanusiaan pada umumnya.

3. Mendesak agar para pelaku tindakan terorisme yang tidak berperikemanusiaan tersebut diproses secara hukum sesuai dengan hukum yang berlaku di Selandia Baru dan diberi hukuman yang seberat-beratnya.

4. Berlandaskan spirit “Vasudhaiva Kutumbakam” yang mengajarkan bahwa dunia ini adalah satu keluarga di dalam persaudaraan universal, PHDI dan umat Hindu Indonesia mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk tetap menjaga persaudaraan dalam kebangsaan dan kemanusiaan.

5. Sesuai dengan amanat UUD 1945, PHDI dan umat Hindu Indonesia mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk menciptakan perdamaian dan ketertiban dunia dengan menjadi teladan dalam ketertiban, persatuan, perdamaian, dan kehidupan sosial yang harmonis dalam kebhinekaan. (Download)

Jakarta, 16 Maret 2019

a.n. Pengurus Harian
Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat

ttd

K. S. Arsana, S.Psi.
Ketua Hubungan Antarlembaga & Komunikasi Publik