Peringati Hari Suci Nyepi Saka 1942, Ribuan Umat Hindu Hijaukan Kawasan DAS Ciliwung


(Foto: Panitia Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 Melakukan Foto Bersama di Lapangan Tenis Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur)

Jakarta - Ribuan umat Hindu yang datang dari berbagai wilayah Jakarta, Banten, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi bersama instansi pemerintah, Minggu (16/02) memenuhi kawasan Pura Mustika Dharma, Cijantung, Jakarta Timur untuk ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan Bhaktisosial berupa pemeriksaan kesehatan, pemberian talikasih, dan penanaman pohon akar wangi.

Sebanyak 3.000 pohon akar wangi atau Nawastu sejenis pohon rumput yang berasal India di kawasan DAS Ciliwing yang dipimpin langsung Danjen Kopasus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr (Han) selaku Ketua Umum Panitia Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 bersama-sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Kepala Dinas Sumber Daya Air, Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie, Forkopimda dan seluruh umat Hindu.

Sementara pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dilakukan kepada 700 orang warga binaan serta pemberian sembako sebagai talikasih umat Hindu melalui Panitia Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 kepada warga binaan Kopassus di lapangan tenis kawasan Pura Mustika Dharma Cijantung, Jakarta Timur.

Bhaktisosial ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 yang mengusung tema "Keungggulan dan Kerukunan Umat Beragama Menuju Indonesia Maju".  Kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan sebelumnya kepada warga yang menjadi korban banjir di Kelurahan Rawa Buaya Jakarta Barat, Kelurahan Kampung Pulo Jakarta Timur, dan Kelurahan Bukit Duri Jakarta Selatan serta Ciangasana Bogor yang merupakan kerjasama antara WHDI, Yayasan Abdi Dharma Jagadhita, Panitia Nyepi DKI, PP Perwati, dan IWAPI sebagai respon kegiatan Peduli Banjir.

Ketua Umum Panitia Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, M.Tr. (Han) usai menerima laporan Ketua Penyelenggara Baksos dan Penanaman Pohon Laksma TNI Dr. I Wayan Warka, M.M., mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk turut serta berbagi kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan, melalui kegiatan pengobatan gratis dan pemberian sembako kepada 700 warga binaan Kopassus serta penanaman 3.000 pohon akar wangi yang juga merupakan bantuan dari BNPB di daerah aliran sungai Ciliwung.

"Kegiatan Baksos ini merupakan wujud kepedulian kami kepada mereka yang membutuhkan dan tentunya semua ini adalah berkat kerja sama umat Hindu dan Kopassus,dengan Pemda DKI, BNPB, dan para pendukung lainnya. Pada intinya kita sesama umat manusia wajib saling membantu, saling menyayangi, dan menghormati. Agar tercapai suatu kehidupan yang lebih baik," ujarnya.

"Sementara kegiatan penghijauan yang kami adakan, ini adalah salah satu kegiatan untuk turut serta dalam menanggulangi banjir. Pohon yang ditanami adalah pohon akar wangi sebanyak 3.000 batang yang dapat mencegah longsor dikarenakan akarnya dapat mengikat tanah sampai sedalam 6 meter, hingga dapat mengkonversi air,” jelas Danjen Kopassus.

Sementara itu Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie yang turut hadir dalam kesempatan tersebut sangat mengapresiasi dan menungkapkan rasa syukurnya dapat dipertemukan dikegiatan tersebut, yang mana acara tersebut menurutnya secara simbolis sangat penting sekali untuk menunjukkan kepada dunia kepada sesama anak bangsa bahwa merajut hubungan antar umat saat ini sungguh sangat diperlukan, oleh karena itu forum lintas agama dan kebudayaan perlu didukung untuk merawat kerukunan antar umat beragama dan kebhinekaan.

Sebagaimana diketahui, bahwa Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 akan diawali dengan kegiatan Ritual yaitu Melasti (Mekiyis), Tawur Agung Kesanga yang akan dilaksanakan di Pelataran Candi Prambanan pada tanggal 24 Maret 2020, dan khusus wilayah Jakarta dan sekitarnya Tawur Kesanga akan dilaksanakan di Lapangan Banteng Jakarta Pusat. Sementara kegiatan seremonial berupa Dharmasanti Nasional akan dilaksanakan di GOR Nanggala Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur pada awal April 2020 dan direncanakan dihadiri Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Selain itu, Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 tahun 2020 juga akan disemarakkan dengan pelaksanaan parade budaya dan ogoh-ogoh bersamaan dengan kegiatan Car Free Day di sepanjang Jl. MH Thamrin Jakarta,  untuk menggaungkan aura perayaan Nyepi kepada seluruh masyarakat, Saka Yoga Festival Sentralisasi, kampanye anti narkoba dan pemeriksaan urine massal.


(Foto: Persiapan Penanam Pohon Akar Wangi oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr (Han) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya)


(Foto: Penyerahan Talikasih dan Bibit Pohon Akar Wangi Secara Simbolis dari Panitia Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942)

Oleh: admin