Perayaan Umat Sikh di Gurdwara Perbandhak Commitee Tebing Tinggi

Tebing Tinggi - Umat Sikh Sumatera utara merupakan bagian dari bimbingan Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, mereka adalah warga Indonesia keturuan Hindia (India Utara) yang tinggal menyebar diseluruh Indonesia khususnya Sumatera Utara, tinggal di kota Medan, Binjai, Tebing Tinggi, Pematang Siantar dan daerah-daerah lainnya. Secara fisik mereka berbeda dengan umat Hindu yang berasal dari umat Hindu Tamil (Hindia Selatan).

Umat Sikh memiliki keunikan tersendiri dalam agama dan budaya sehingga menambah kasanah kebudayaan di Indonesia pada umumya dan Sumatera Utara pada khususnya. Sehingga sebagai bagian dari tugas bimbingan Pembimas Hindu Kanwil Provinsi Sumatera Utara, Pada hari minggu tanggal 06 September 2015 Bapak Pembimas Hindu menghadiri undangan dari warga Sikh di kabupaten Tebing Tinggi dalam rangka memperingati Hari “Parkas Sree Guru Granth Sahib Ji” yaitu Hari dimana Pertama kali dibuka dan dibacanya Kitab Suci Sree Guru Sahib Ji” bertempat di Gurdwara Perbandhak Commitee Gurwara Sahin Jl. Imam Bonjol Kota Tebing Tinggi.Dalam Kesempatan itu Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Bapak Antonikuil Sembiring, S.Ag, M.Si didampingi Direktur The Hindu Center Of Sumatera Utara Bapak Indra Gunawan, ST serta staff turut juga hadir Ketua dan Pengurus Perusi (Perhimpunan Umat Sikh) Sumatera Utara Bapak Arban Singh dan para pengurus Gurdwara Perbandhak Commitee Tebing Tinggi.

Pembimas Hindu dalam arahannya mengatakan bahwa umat Sikh merupakan bagian dari umat Hindu yang ada di Indonesia khususnya umat Hindu Sumatera Utara sehingga sangat penting sekali dalam menjaga keharmonisan dan kerukunan inter beragama, antar beragama dan dengan pemerintah sehingga menciptakan suasana yang kondusif dalam kehindupan bermasyarakat juga beragama. Serta dalam melaksanakan perayaan ini tidak hanya sebatas seremonial atau ritual semata tetapi memahami makna dan filsafat dari setiap perayaan yang dilaksanakan. Terutama dalam perayaan saat ini, dimana hari ini merupakan hari pertama kalinya kitab suci Sree Guru Granth Sahib Ji dibuka dan dibaca untuk umat oleh karena itu semua umat Sikh diharapkan mengetahui dan memahami isi dari Kitab Suci tersebut untuk menuju kehidupan yang lebih baik untuk diri sendiri dan umat manusia.

Sumber: http://sumut.kemenag.go.id