Peradah Ajak Umat Hindu Rayakan Thaipusam

 


(foto: analisadaily.com)

Medan - Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) Sumatera Utara mengajak ke­pada seluruh umat Hindu di daerah ini dapat dengan khu­suk merayakan Thaipu­sam.

Perayaan yang akan dipe­ringati pada tanggal 25 Ja­nuari mendatang ini diharap­kan dapat berlangsung aman, lancar dan kondusif. Oleh karena itu, partisipasi dan du­kungan umat sangat diha­rapkan, sehingga pelaksanaan Thaipusam dapat berjalan sesuai dengan harapan bersa­ma umat Hindu di Sumatera Utara khususnya.

Ketua DPP Peradah Sum­ut, M Satya Mohan kepada wartawan, Minggu (24/1) men­jelaskan, Thaipusam me­rupakan salah satu masa yang diagungkan untuk memuja ke­­agungan Dewa Subrama­ni­an atau Dewa Mu­rugan.

Pada perayaan Thaipusam ini umat me­laksanakan nazar yang telah disampaikan dan mene­bus segala dosa yang telah di­lakukan. Di Malaysia, lanjutnya, perayaan ini dilak­­sanakan dengan sangat me­riah dan dijadikan sebagai hari libur nasional.

Mohan didampingi Sekre­tarisnya Govin Khrisna me­nyampaikan harapannya ke­pada seluruh pemuda Hindu khususnya untuk memper­ku­at persatuan dan kesatuan untuk kemajuan dan kejayaan agama Hindu di Sumut khu­­susnya dan Indonesia umum­nya.

Jaga Solidaritas

Hal senada disampaikan penasehat DPP Peradah Sumut, K Indra Gunawan dan meminta kepada pemuda Hindu untuk selalu menjaga solidaritas dan soliditas untuk ke­majuan bersama. Dikatakan Indra Gunawan, Peradah me­rupakan kumpu­lan pemuda Hindu yang me­miliki tekad kuat membe­sar­kan dan mengembalikan ke­jayaan Hindu sebagai agama tertua di Indonesia.

Untuk itu, lanjut Indra Gu­nawan diharapkan kepada pemuda Hindu untuk bersatu dan tidak mau dipecah belah ataupun terkotak-kotak oleh kepentingan manapun. “Pe­mu­da Hindu belum menjadi organisasi besar. Dan hanya dengan bersatu dan beker­ja­sama kita mampu membe­sar­kan Peradah,” ungkapnya.

Sumber: analisadaily.com