Pembangunan Gedung Kantor PHDI Pusat Ditarget Tahun 2020 Selesai


(Foto: Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya menyampaikan sambutan dalam acara Ngeruwak Karang dan Nasarin Gedung Kantor PHDI Pusat)

Jakarta - Dalam rangka pembangunan gedung Kantor Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, panitia pembangunan menggelar upacara ngeruwak karang dan nasarin di Jl. Anggek Nelly Murni Blok A Nomor 3, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Pusat. Pembangunan Gedung Kantor PHDI Pusat diperuntukkan bukan untuk PHDI saja, melainkan untuk kelembagaan umat sebagai kantor kesekretariatan bersama. 

Hadir dalam upacara tersebut Dharma Adyaksa Ida Pedandana Nabe Gde Bang Buruan Manuaba, Wakil Dharma Adhyaksa Ida Rsi Agnijaya Mukthi, Anggota Sabha Pandita Pandita Siwa Sri Satya Silen Gurukal, Ketua Sabha Walaka PHDI Pusat Kolonel Inf. (Purn) I Nengah Dana, S.Ag, Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Prof. Dr. Drs. I Ketut Widnya, MA., M.Phil., Ph.D, Sekretaris Ditjen Bimas Hindu I Made Sutresna, S.Ag., MA, Danjen Kopassus I Nyoman Cantiasa, Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana, Ketua Panitia Pembangunan Ir. Samudra Gina Antara, para tokoh umat Hindu, Pengurus PHDI Pusat.

Turut hadir pula pimpinan organisasi Hindu tingkat nasional yaitu DPP Prajaniti Hindu Indonesia, Peradah Indonesia, WHDI, PP KMHDI, Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN), Pandu Nusa, Asosiasi Dosen Hindu Indonesia (ADHI), Ketua PHDI wilayah se-Jabodetabek, dan pengurus Badan, Lembaga, Yayasan PHDI Pusat.

Upacara ngeruwak karang dan nasarin gedung di awali dengan Pinandita memuja, sembahyang bersama, dan peletakan batu pertama (nasarin). Pembangunan gedung Kantor PHDI Pusat memiliki luas tanah kurang lebih 220 meter dengan biaya sebesar Rp 11 miliar.

Nantinya, kantor ini juga diperuntukkan untuk kelembagaan umat seperti Prajaniti, Peradah, WHDI, KMHDI, ICHI, PSN, Pandu Nusa, ADHI dan lembaga/badan lainnya. Diharapkan dengan adanya Kantor PHDI Pusat, dapat memotivasi umat untuk saling berkoordinasi dan melanjutkan program-program keumatan ke depannya.

Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya mengatakan, dengan adanya kantor bersama diharapkan organisasi lembaga keumatan bisa saling berkomunikasi dengan umat Hindu lainnya di seluruh Indonesia. Juga saling ikut andil di dalam program pemerintah, sumber daya manusia unggul dan Indonesia maju.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Ir. Samudra Gina Antara mengatakan proses pembangunan gedung kantor ini melalui jalan yang sangat panjang. "Astungkare progress pembangunan gedung kantor PHDI Pusat sudah pada tahap sekarang ini (ngeruwak karang dan nasarin). Semuanya melalui proses yang sangat panjang. Dan berkat dukungan semua pihak, pembangunan ini dapat dilaksankanan," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Gigin tersebut berharap dukungan dan support dari semua pihak baik itu tokoh-tokoh umat Hindu beserta pimpinan organisasi dan lembaga umat. Gigin menargetkan pembangunan gedung Kantor PHDI Pusat selesai pada akhir tahun 2020. "Kita targetkan tahun 2020 ini sudah jadi, sehingga Pengurus PHDI Pusat Masa Bhakti 2016-2021 masih bisa menikmati kantor baru," ujarnya yang disamput tepuk tangan para undangan.

Source: www.balipost.com