Lokasabha VIII PHDI dan Musda IV WHDI Provinsi Sulawesi Tengah

(Foto: Sekda Provinsi Sulteng Drs. H Moh Hidayat Lamakarate, M.Si (tengah), Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya (kedua kanan dari tengah), Sekretaris Umum PHDI Pusat Ir. I Ketut Parwata (kedua kiri dari tengah), Ketua PHDI Provinsi Sulteng Drs. Nengah Wandra, M.Si (ketiga kiri dari tengah), Ketua Bidang Organisasi I Wayan Suyasa (kelima kiri dari tengah) berfoto bersama dengan peserta Lokasabha VIII PHDI Provinsi Sulteng)

Palu - Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Lokasabha VIII, di Jazz Hotel (6 Oktober 2017). Sesuai Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) bahwa Lokasabha merupakan musyawarah daerah yang dilakukan satu kali dalam 5 (lima) tahun.

Pelaksanaan Lokasabha VIII PHDI Provinsi Sulteng bersamaan dengan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) IV Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Provinsi Sulteng. Tema yang diangkat yaitu "Pemberdayaan Kearifan Lokal dalam Semangat Dharma untuk Kemajuan Sulawesi Tengah".

Gubernur Sulteng yang diwakili Sekda Provinsi Sulteng Drs. H Moh Hidayat Lamakarate, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema Lokasabha VIII dan Musda IV WHDI sangat searah dengan tujuan Pemerintah Provinsi Sulteng untuk mewujudkan Sulteng yang maju, mandiri, dan berdaya saing dalam segala bidang. Tentu saja untuk mencapainya, dibutuhkan dukungan dari semua pihak dalam satu bingkai.

"Yaitu persatuan dan kebersamaan. Olehnya itu, pembangunan yang berlangsung di Sulteng, tidak hanya diarahkan pada pembangunan fisik saja, sehingga mengabaikan pembangunan yang bersifat non fisik seperti pembangunan sosial, budaya, dan keagamaan," kata Hidayat.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya dalam sambutannya menyampaikan agar seluruh umat Hindu di Indonesia khususnya Sulteng terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam melaksanakan tugas sesuai profesi masing-masing. Apakah dari kalangan tentara, polisi, pegawai negeri, hingga pegawai swasta. "Bekerjalah dan lakukan yang terbaik. Setiap pekerjaan apapun dan di manapun. Karakter umat Hindu itu harus seperti panca pandawa, moralnya bagus, berani, cerdas, arif, dan bijak," ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Dr. dr. Ketut Suarayasa, M.Kes., MARS mengatakan, tema Lokasabha PHDI dan Musda WHDI Provinsi Sulteng kali ini bertujuan merefleksikan kembali peran umat Hindu dalam mendukung pembangunan di wilayah Sulteng. Ketut Suarayasa mengatakan ada enam kandidat yang siap bertarung memperebutkan posisi Ketua PHDI Provinsi Sulteng masa bhakti 2017-2022.

"Pertama Drs. I Nengah Wandra, M.Si sebagai incumbent, kedua Nyoman Kornek, SE., MM, ketiga Ir. I Wayan Suyasa, keempat saya sendiri, kelima Nyoman Slamet, S.Pd., M.Si, dan keenam Ketut Winaya, S.Sos., M.Si. Mereka semua siap berkompetisi dan mereka juga pernah menjabat dan ada juga yang sekarang menduduk pengurus PHDI Provinsi Sulteng masa bhakti 2012-2017," jelasnya.

Proses pelaksanaan Lokasabha VIII PHDI Provinsi Sulteng berjalan dengan sangat dinamis dan lancar. Lokasabha VIII PHDI dan Musda IV WHDI Provinsi Sulteng ditutup 8 Oktober 2017 dengan dilantiknya Pengurus PHDI Provinsi Sulteng masa bhkati 2017-2022. Pengurus baru PHDI Provinsi Sulteng masa bhakti 2017-2022 dilantik Ketua Bidang Organisasi PHDI Pusat I Wayan Suyasa. Ketua terpilih yaitu Drs. I Nengah Wandra, M.Si dan Sekretaris terpilih Dr. dr. Ketut Suarayasa, M.Kes., MARS.

Pelaksanaan Lokasabha VIII PHDI Provinsi Sulteng berakhir pukul 01.00 dini hari (9/10) yang ditutup langsung oleh Sekretaris Umum PHDI Pusat Ir. Ketut Parwata.

Hadir dalam Lokasabha VIII PHDI dan Musda IV WHDI Provinsi Sulteng yaitu, Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Sekda Provinsi Sulteng Drs. H Moh Hidayat Lamakarate, M.Si; Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya; Sekretaris Umum PHDI Pusat Ir. I Ketut Parwata; Ketua Bidang Organisasi PHDI Pusat I Wayan Suyasa; Ketua Umum WHDI Pusat Ir. Rataya B Kentjanawathi Suwisma; Sekretaris Jenderal WHDI Pusat Wikanti Yogie serta seluruh jajaran pengurus PHDI dan WHDI Kabupaten/Kota Provinsi Sulteng.


(Foto: Sekretaris Umum PHDI Pusat Ir. Ketut Parwata memberikan sambutan dalam penutupan Lokasabha VIII PHDI Provinsi Sulteng)


(Foto: Drs. I Nengah Wandra, M.Si memberikan sambutan usai dilantik sebagai Ketua terpilih masa bhakti 2017-2022)

Oleh: admin