Kuil Sri Raja Rajeswari Amman Raih Rekor MURI Arca Patung Dewa Murugan Tertinggi Kedua di Dunia


(Foto: kiri ke kanan - Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Ketua PHDI Provinsi Sumatera Utara S Siwaji Raja, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Dirjen Bimas Hindu Kemenag R.I. Prof. Drs. I Ketut Widnya, M.A., M.Phil., Ph.D.)

Langkat - Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Sumatera Utara menggelar acara perayaan Adhi Thiruvila Maha Puja. Perayaan Adhi Triruvila dilaksanakan di Kuil Sri Raja Rajeswari Amman, Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Minggu (28/7).

Perayaan Adhi Thiruvila Maha Puja dihadiri Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin, Dirjen Bimas Hindu Ketut Widnya, Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya, Ketua FKUB Sumut Maratua Simanjuntak, dan para Ketua PHDI Provinsi se-Indonesia.

Gubernur Edy Rahmayadi pada kesempatan itu menekankan pentingnya menjaga kerukuran dan kesatuan umat. Provinsi Sumut, kata Edy, memiliki beragam etnis yang harus dijaga kerukunannya. Serta harus tetap bersatu untuk membangun bangsa.

"Saya ucapkan selamat atas perayaan ini, inilah bagian dari kerukunan kita, saya harap kerukunan terus terjaga, Sumatera Utara ini milik kita semua," kata Edy Rahmayadi.

Gubernur juga mengapresiasi kegiatan perayaan Adhi Tiruvila tersebut. Diharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi sarana untuk mempererat kerukunan umat dan mendekatkan diri pada Tuhan. "Saya menginginkan ini menjadi suatu kegiatan yang mengikat kita semua. Sehingga Sumatera Utara bisa rukun aman dan tenteram, tercipta Sumut bermartabat," katanya.

Sementara itu, Bupati Langkat berharap perayan ini menjadi semangat terbentuknya jiwa yang selalu berbuat kebajikan, yang jauh dari aura kejahatan, serta jauh dari perilaku negatif dalam hidup berbangsa dan bermasyarakat. "Semoga dengan demikian, kita semua terhindar dari perpecahan yang merugikan semua pihak," harapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Edy memberikan penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia kepada Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil. Lantaran kuil tersebut memiliki patung Dewa Murugan tertinggi di Indonesia. Patung ini terletak persis di sebelah kuil.

Patung tersebut memiliki tinggi 16 meter. Bahkan patung ini adalah tertinggi kedua di dunia. Rekor tertinggi Patung Dewa Murugan dipegang oleh negara Malaysia dengan tinggi 18 meter.


(Foto: Para Ketua PHDI Provinsi se-Indonesia foto bersama di depan Kuil Kuil Sri Raja Rajeswari Amman)

Source: https://elshinta.com dan https://indopolitika.com