Kabid Kesehatan PHDI Pusat: 500 Perwakilan Agama Hindu Divaksin


(Foto: kedua dari kanan - Ketua Bidang (Kabid) Kesehatan dan Sosial Kemanusian Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat drg Nyoman Suartanu, MAP)

Jakarta - Tokoh agama Hindu dan organisasi agama Hindu menjalani vaksinasi yang diperuntukan bagi tokoh lintas agama di Basement Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Ketua Bidang (Kabid) Kesehatan dan Sosial Kemanusian Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat drg Nyoman Suartanu, MAP mengatakan, dari perwakilan agama Hindu ada 500 orang.

"Kami mendapat jadwal vaksinasi bersama perwakilan dari agama Katolik. Dari perwakilan agama Hindu ada 500 orang," ujar Nyoman Suartanu, Rabu (3/3).

Mereka berasal dari unsur PHDI Pusat, Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Pusat, Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Pusat, PSN DKI Jakarta, Lembaga Dharma Duta (LDD) Pusat. Ada juga pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradah Indonesia, DPP Peradah DKI Jakarta, PP KMHDI, PD KMHDI DKI Jakarta, ICHI, Prajaniti Pusat, Prajaniti DKI Jakarta, Majapahid dan Suka Duka Hindu Dharma DKI Jakarta.

Sebagai orang pertama yang divaksin bersama Presiden Joko Widodo pada 13 Januari 2021 lalu di Istana Merdeka, Suartanu mengingatkan agar mereka selalu menerapkan protokol kesehatan saat menjalani vaksinasi maupun setelah vaksinasi. Proses vaksinasi sendiri berjalan seperti ketika Suartanu divaksin di Istana Merdeka.

Mereka terlebih dahulu dicek secara administrasi seperti KTP. Lalu ditanya menderita penyakit atau tidak agar bisa menentukan bisa divaksin. Darisana mereka diperiksa tekanan darah dan selanjutnya divaksin.

Setelah itu menunggu 30 menit untuk mengetahui apakah ada efek pasca divaksin. Jika tidak ada diperbolehkan pulang.

Suami dari Ni Nyoman Tries Diah Nyani Suartanu ini menyambut baik adanya vaksinasi bagi para tokoh maupun pengurus organisasi lintas agama.

Hal itu menunjukan perhatian pemerintah terhadap tokoh lintas agama maupun organisasi keagamaan yang mobilitasnya tinggi dan kerap bertemu umat. Apalagi lokasi vaksinasi di Basement Masjid Istiqlal. Lalu dari agama lain berdatangan untuk vaksinasi di sana sehingga memperlihatkan kerukunan lintas agama.

"Vaksinasi ini sangat bermanfaat bagi para tokoh agama maupun pengurus organisasi agama, karena mereka adalah akar rumput atau panutan," ucap Nyoman Suartanu.

Source: https://www.nusabali.com/