Jelang Hari Raya Nyepi , Ribuan Umat Hindu di Banten Ikuti Upacara Melasti


(Foto: Umat Hindu se-Banten mengikuti upacara melasti di Pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Minggu, 3 Maret 2019)

Tangerang - Ribuan umat Hindu se-Banten mengikuti Upacara Melasti (sedekah laut) di Pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Minggu (3/03/2019). Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941 yang jatuh pada Kamis (7/03/2019).

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja menjelaskan kegiatan tersebut diikuti tujuh banjar umat Hindu. Upacara Melasti ini, menurut Ida Bagus, merupakan upacara simbolisasi yang diajarkan Hindu.

Dia menjelaskan Melasti memiliki arti menghanyutkan kotoran dari dalam diri selama setahun. Hal itu disimbolkan dengan gunungan sesaji yang dihanyutkan ke laut.

Menurut Ida Bagus, “Mala” berarti  kekotoran dan “Asti” berarti  menghanyutkan. “Jadi, upacara ini untuk menghanyutkan kekotoran diri kita sebagai manusia sebagai buana alit dan juga buana besar alam semesta, di mana kekotoran itu kita buang ke laut,” katanya.

Upacara Melasti ini, lanjut Ida Bagus, telah ada sejak Kerajaan Hindu Majapahit.  “Kalau di Jawa disebut sedekah laut. Upacara ini dilaksanakan dengan ritual Hindu, ritual Hindu Bali, dengan  ritual Majapahit,” katanya.

Tema kegiatan ini adalah “Melalui Catur Brata Penyepian Kita Tingkatkan Toleransi Kehidupan Beragama”. Tema ini diharapkan mampu sekaligus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Harapan kami kepada umat Hindu adalah bagaimana kita menjaga toleransi, keutuhan umat, kedamaian, dan juga kemananan umat untuk turut menyukseskan Pemilu serentak 2019,” katanya.

Kedua, umat Hindu memerangi narkoba atau perang terhadap narkoba. Ketiga, umat Hindu diimbau jangan percaya terhadap berita bohong atau hoax dan jangan menyerbarkan berita bohong.

“Mari kita kedepankan kebenaran. Kami punya konsep kebernaran, kesucian, dan keharmonisan. Itu yang ingindi kembangkan, sehingga nilai-nilai kebenaran yang kita tonjolkan,” katanya seraya mengintakan bahwa hoax bisa memecah belah bangsa.


(Foto: Umat Hindu se-Banten mengikuti upacara melasti di Pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Minggu, 3 Maret 2019)


(Foto: Umat Hindu se-Banten mengikuti upacara melasti di Pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Minggu, 3 Maret 2019)

Source: www.kabar-banten.com