Gubernur Banten Terima Panitia Nyepi Provinsi


(Foto: Gubernur Banten Wahidin Halim menerima Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 Provinsi Banten di ruang tamunya, Senin 19 Februari 2018)

Jakarta - Gubernur Banten, Wahidin Halim, menerima Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 Provinsi Banten. Panitia yang dipimpin Wayan Suksma Hari Jaya selalu Ketua Panitia, bersama-sama Pembimas Hindu, Ketua PHDI Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja, S.H, M.H, Ketua Paruman Walaka, Ketua Banjar Serang, sesepuh dan panitia lain diterima dengan sangat baik diruang tamunya pukul 14.00 WIB pada Senin, 19 Februari 2018.

Audiensi atau pertemuan resmi yang didampingi oleh Ketua MUI Provinsi Banten, Haji Romly, ini erat kaitannya dengan rencana Perayaan Hari Raya Nyepi di Provinsi Banten. Pertemuan ini sangat penting untuk dilaksanakan karena sebagai umat beragama dalam melaksanakan suatu kegiatan berkewajiban untuk melaporkan rencana-rencana kegiatan kepada penguasa wilayah setempat. Untuk tingkat provinsi adalah kepada Gubernur, Bupati, dan seterusnya.

Dalam audiensi ini, Panitia Nyepi Provinsi Banten menyampaikan rencana-rencana kegiatan yang meliputi rangkaian upacara Melasti pada tanggal 11 Maret 2018 di Pantai Tanjung Pasir, Pengrupukan, dan Tawur Kesanga dilanjutkan dengan pawai ogoh-ogoh dan budaya setempat pada 16 Maret 2018 di Lapangan Parkir Eka Wira Anantha Serang (Lapangan Kopassus Grup 1 Serang), dan hari raya Nyepi pada Sabtu 17 Maret 2018. Disampaikan pula rencana Dharma Santhi atau simakrama antar umat beragama yang akan dilaksanakan pada penghujung kegiatan Nyepi, pada 21 April 2018.

Selain kegiatan ritual keagamaan juga dilaksanakan kegiatan sosial seperti Pengobatan Gratis, Bakti Sosial korban Gempa, Pembagian Sembako di wilayah Provinsi Banten. Ketua Panitia Nyepi Wayan Sukma Hari Jaya memang telah menjadwalkan kegiatan-kegiatan audiensi ke Gubernur, Kakanwil Kemenag, Kopassus, dan lain-lain.

Sebelum audiensi kepada Gubernur, Panitia Nyepi dan rombongan pada hari yang sama telah diterima oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Banten. Panitia juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dengan rencana-rencana kegiatan bakti sosial.

Source: hindubanten.com