Dharma Santi Nasional 2021, Kemenag: Nyepi Harus Menginspirasi


(Foto: Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Dr. Tri Handoko Seto, S.Si., M.Sc)

Jakarta - Ditjen Bimas Hindu bersama Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Pemda DI Yokyakarta akan menggelar Dharma Santi Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 pada 27 Maret 2021. Gelaran nasional ini akan dipusatkan di Candi Prambanan, Yogyakarta dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan disiarkan secara langsung melalui media sosial Ditjen Bimas Hindu. 

Presiden Joko Widodo dan Menag Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan menyampaikan pesan dan sambutan secara virtual. Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamenku Buwono X dijadwalkan hadir di Candi Prambanan.

Tema Nyepi tahun ini adalah “Kolaborasi dalam Harmoni menuju Indonesia Maju”. Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto mengajak umat untuk bersama-sama menjadikan agama sebagai inspirasi dalam membangun bangsa dengan kedamaian. 

“Nyepi harus menginspirasi kita semua untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, memohon kepada Tuhan agar persoalan bangsa saat ini segera selesai,” pesan Tri Handoko di Jakarta, Kamis (25/3/2021). 

“Nyepi harus menginspirasi kita semua untuk semakin menjaga hubungan sesama manusia, tetap menjaga komunikasi dalam suasana pandemic, serta menjaga kerukunan dan toleransi,” sambungnya. 

Nyepi, lanjut Tri Handoko, juga harus menginspirasi umat untuk memuliakan alam. Caranya, dengan memberi jeda untuk alam menata keseimbangannya. “Bahkan, ke depan kita harus terus merawat dan menjaganya. Ini juga adalah inspirasi dari ajaran agama Tri Hita Karana,” tuturnya. 

“Jangan lupa saksikan Dharmasanti Nasional tanggal 27 Maret 2021 via zoom maupun youtube Bimas Hindu RI,” pesannya.

Source: https://kemenag.go.id/