Bupati Indah Harapkan Lutra Masuk Kontingen UDG Sulsel ke Tingkat Nasional


(Foto: Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani)

Luwu Utara – Sebanyak 4 (empat) kontingen kecamatan se-Kabupaten Luwu Utara mengikuti perlombaan Utsawa Dharma Ghita (UDG) atau yang lebih dikenal nyanyian suci keagamaan Hindu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Kembang Makmur, Desa Tamuku itu dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Senin (8/7/2019).

Berbagai kegiatan yang digelar pada kegiatan tersebut seperti Lomba Utsawa Pembaca Sloka, Utsawa penghafal Sloka, Utsawa Phalawakya, Utsawa Kekawin, Utsawa Dharma Wacana dan debat keagamaan.

Kegiatan diawali dengan defile masing-masing kontingen kecamatan, yaitu Kecamatan Tanalili, Kecamatan Bone-Bone, Kecamatan Sukamaju, dan Kecamatan Mappedeceng. Dari keseluruhan peserta yang ikut pada kegiatan kali ini sebanyak 170 orang.

Dalam laporannya Ketua Panitia Pelaksana UDG, Made Sudana memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan 2 tahun sekali.

“kegiatan ini rutin dilaksanakan, tujuannya untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan dalam membaca kitab suci Weda dan kidung kidung keagamaan, sebagaimna tema kita pada tahun ini: melalui utsama dharma githa kita tingkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan kitab suci weda,” ujarnya.

Ketua LPDG Kabupaten Luwu Utara, I Gusti Made Jandem menambahkan bahwa pelaksanaan ‎UDG dilaksanakan 2 tahun sekali, nantinya para pemenang dari lomba ini akan mewakili Kabupaten Luwu Utara di Tingkat Provinsi.

“Olehnya itu melalui kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah terkhusus ibu Indah Putri Indriani atas perhatiannya di setiap kegiatan-kegiatan keagamaan sehingga keamanan dan ketertiban terjalin dengan baik dan menjadikan Luwu Utara sebagai daerah yang menjunjung tingga nilai harmonisasi antar ummat beragama,” kata I Made.

Sementara Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan setiap pelaksanaan kegiatan Utsawa Dharma Ghita tingkat nasional Luwu Utara selalu mempunyai perwakilan yang tergabung dalam kontingen Sulawesi Selatan.

“Ini tantangan bagi panitia dan peserta agar jangan sampai kita tidak punya keterwakilan pada kontingen, karena saya tahu persis kita ini orang-orang pejuang yang tidak kenal kata menyerah dan penuh kebersamaan,” kata Indah Putri.

Pembukaan UDG ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, yang didampingi Pjs. Sekretaris Daerah Luwu Utara, Tafsil saleh, Kabag Ops Polres Lutra, Wakil Ketua PHDI Prov Sulsel, Made Jana, Ketua LPDG Kabupaten Luwu Utara, I Gusti Made Jandem, Sekretaris Camat Bone-Bone, Nasruddin) dan Kepala Desa Tamuku.

Source: www.sulselsatu.com