Sunari Gama

Manas Puja atau Puja pikiran biasanya dilakukan sebagai bahagian dari laku samadhi hanian. Karena kita tentunya sudah mengerti tentang samadhi sehari-hari, dimana kita  akan membuat tahap-tahap itu pada saat ini dengan sangat pendek. Kita akan membuat langkah-langkah samadhi ini agak singkat pada saat ini, tetapi ketika anda duduk untuk laku harian anda maka urut-urutan yang seperti biasanya harus diikuti, dan menghabiskan waktu seperti yang biasa anda lakukan.

 
Duduklah dengan badan tegak. Bawa kesadaran anda kepada diri anda. Rasakanlah bahwa ada perasaan damai dan sunyi (stillness) dalam tubuh anda. Dengan mempertahankan tulang belakang tegak, buatlah seluruh alat tubuh anda beristirahat (relax) dari satu bagian tubuh kepada bagian tubuh yang lain.
Rasakanlah jalan nafas anda. Bersamaan dengan menenangkan fikiran anda maka nafas anda juga akan menenang (teratur), mengalir dengan lembut, perlahan dan lancar bagai seluruh nafas anda mengalir melalui seluruh tubuh anda dari atas kepala sampai keujung jari kaki dan dari ujung jari kaki sampai keubun-ubun; membersihkan anda, menyucikan anda ketika anda mengeluarkan nafas, menyiram anda dengan kasih sayang, hidup, sinar dan berkah ketika anda menarik nafas.

 
Bawalah kesadaran anda pada naik turunnya yang lembut dan perut anda dan disekitar pusar. Rasakanlah bagaimana daerah sekitar itu menjadi tenang dan tidak tegang (relax) ketika anda menarik nafas, bagian daerah itu mengkerut/mengecil ketika anda menarik nafas. Bawalah mantra anda kepada fikiran anda dengan cara apa mantra ini akan berjalan sesuai dengan nafas anda dan terus merasakan naik turunnya yang lembut. Jaga dan pertahankanlah mantra dan nafas anda.


Dan sekarang naiklah dari sana kepada pusat rohani pada jantung, di pusat jantung sebelah bawah seolah-olah gerbang yang tidak kelihatan terbuka dan anda memasuki ruang yang terdalam Disini anda membayangkan diri anda bagai oknum dari cahaya.
Bagai oknum dari cahaya sekarang anda mulai sembah harian anda dimana anda menyelam dalam air/sungai suci. (Selengkapnya)