Paramanu dan Anu

Makhluk hidup yang ada di dunia ini jika dilihat dari sel yang menyusun tubuhnya, ada yang terdiri atas sebuah sel, malahan ada yang triliunan sel. Sel merupakan unit terkecil dalam menjalankan proses kehidupan. Organisme unisel (satu sel) adalah bakteri dan amuba. Sedangkan organisme multisel (banyak sel), terdiri atas tumbuh-tumbuhan, binatang dan manusia. Seorang manusia terdiri atas 75 triliun sel. Di dalam setiap sel terjadi pembakaran & reaksi kimia. Istilah ilmiahnya adalah metabolisme. Zat makanan yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan, akan dibakar oleh oksigen yang masuk melalui alat pernapasan, di dalam sel ini.

Dalam setiap metabolisme akan timbul lintrik, panas, energi (tenaga), mekanik (gerakan), dan sisa metabolisme. Sisa atau limbah ini dibuang ke luar tubuh melalui ginjal (berupa air kencing), kulit (berupa keringat), dan paru (berupa C02). Sebuah sel terdiri atas dinding, plasma dan inti sel. Dinding, plasma dan inti sel ini disusun oleh triliunan molekul. Sedangkan sebuah organ tubuh, seperti otak, jantung, paru, hati, ginjal, usu, limfa, otot, tulang, terdiri dari kumpulan sel yang struktur/bentuk dan fungsinya sama.

Air misalnya, terdiri atas banyak molekul. Sebuah molekul dari air ini disusun oleh 3 buah atom. Satu molekul air dalam rumus kimianya adalah H20. Satu molekul ini terdiri atas 2 atom H (hidrogen) dan 1 atom O (oksigen). Setiap atom terdiri atas netron dan proton. Unsur atom di dalam Ayurweda disebut anu. Sedangkan netro dan proton disebut sub-atom, sub-partikel atau paramanu. Jadi paramanu adalah unsur terkecil dari sebuah benda.

1. Paramanu

Paramanu (yang amat halus) mungkin dapat disamakan dengan sub-atom atau partikel. Unsur-unsur panca mahabhuta merupakan sebuah paramanu. Kelima unsur mahabhuta tersebut adalah perthiwi, jala, teja, vayu, dan akasa. Setiap unsur mahabhuta atau paramanu ini mempunyai 50% unsur tanmatra yang berasal dari unsur lainnya. Masing-masing sebesar 12,5% dari keempat tanmatra lainnya. Agar mendapat gambaran lebih jelas, simaklah contoh berikut ini. Misalnya perthivi paramanu.

Unsur Perthivi Paramanu terdiri atas : 50% prthivi tanmatra + 12,5% jala tanmatra + 12,5% teja tanmatra + 12,5% vayu tanmatra + 12,5% akasa tanmatra. Demikian pula komposisinya pada jala, Teja, Vayu dan Akasa Paramanu.
 
2. Anu

Setiap anu (materi yang amat halus atau atom) terdiri atas kelima tipe paramanu, yakni perthivi - apah - teia - bayu - akasa, yang bersama-sama membentuk sebuah anu. Intinya tergantung dari tipe anu atau atom tersebut.

Contonya : perthivi anu terdiri atas jala paramanu + teja pramanu + vayu paramanu + akasa paramanu. Ini adalah perthivi paramanu. Gabungan dari beberapa anu akan membentuk molekul.

Molekul
Molekul merupakan kombinasi dari anu atau atom dalam proporsi atau perbandingan yang berbeda-beda, sehingga akan terbentuk berbagai benda, seperti air, api, udara, logam, mineral, permata, makanan dan seterusnya.

Source: Ngurah Nala l Warta Hindu Dharma NO. 486 JUni 2007