Manfaat Air Bagi Kesehatan Tubuh Manusia [2]

(Artikel Sebelumnya)

Shita Udaka

Air dingin atau shita udaka amat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan meminum air ini akan dapat menghilangkan kelelahan yang amat sangat, kesadaran yang menurun, menghilangkan gangguan pada unsur pitta atau sebagai sannipada (gangguan pada ketiga unsur tri dosha), usna (rasa panas yang berlebihan), visa (keracunan), madatyaya (kecanduan alkohol), srama (kelelahan fisik), vami (muntah) dan berbagai gangguan lainnya.

Bagi mereka yang menderita prasva sula (sakit didaerah dada bagian dalam), penyakit yang diakibatkan oleh gangguan unsur vatta, gala graha (hambatan di keringkingan), adhamana (terbentuk gas dalam perut), vibandha (sembelit), pada tahap pertama jvara (demam), setelah melakukan pengobatan snehana (berminyak), sebaiknya menghindari meminum air dingin (shita udaka).

Usna Udaka

Air panas atau usna udaka adalah air yang menjadi panas karena direbus atau dimasak. Air ini bersifat guna laghu (ringan). Meminum air ini amat baik sodhana atau menurunkan ketiga unsur tri dosha serta merangsang pencernaan (pacana). Air yang telah direbus amat baik diminum untuk menjaga kesehatan tubuh.

Khasiat air panas erat sekali kaitannya dengan cara mendinginkannya. Air panas yang didinginkan sampai tiga perempat kali dari suhu didihnya, berkhasiat menurunkan unsur vatta. Sedangkan bila didinginkan sampai setengahnya, akan menurunkan unsur pitta. Pendinginan sampai tinggal seperempat dari suhu didih, bersifat guna laghu (ringan), akan berefek menurunkan unsur kapha, menyebabkan sembelit (vibandha), tetapi dapat merangsang pencernaan (dipana).

Air yang masih panas dimana suhunya kira-kira sama dengan ketika direbus disebut usnodaka (usna udaka). Uap panas dari air ini dapat dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit svasa (sesak napas, asma), kasa (bronkitis, radang jalan napas), jvara (demam), serta menaikkan ketiga unsur tri dosha yang menurun. Air rebus yang disimpan dalam sebuah goci tanah, bila diminum dapat menurunkan ketiga unsur tri dosha.

Air yang dimasak siang hari dan dibiarkan semalaman, akan bersifat guna guru (berat). Demikian pula halnya air yang dimasak pada malam hari kemudian dibiarkan seharian, sifatnya akan sama dengan air dimasak pada siang hari.

Narikela Udaka

Walaupun bukan termasuk air yang jatuh dari langit (divya udaka) maupun yang telah ada di bumi (bhauma udaka), air kelapa juga dimasukkan juga sebagai kelompok air yang dapat dipergunakan sebagai obat. Air buah kelapa dalam Ayurveda disebut narikela udaka. Air ini diperoleh dengan membuka buah kelapa terutama yang masih muda bukan yang sudah tua. Air buah kelapa hijau dan gading memiliki manfaat yang lebih besar sebagai obat dibandingkan dengan air buah kelapa biasa. Narikela udaka ini mempuntai guna snigdha (lembut), guna guru (berat) serta berefek saurnya (mendinginkan).

Disamping air buah kelapa ini rasanya enak, dapat pula dimanfaatkan sebagai tonikum menguatkan jantung (absyandi) dan pancana (menguatkan pencernaan). Berkhasiat pula untuk membersihkan kantung kencing (bhasti) dan menanggulangi pipasa (kehausan yang amat sangat).

Simpulan

Air atau udaka memegang peranan yang cukup penting dalam dunia pengobatan. Bahkan di dalam dunia pengobatan di Bali-pun masalah air sebagai sarana obat telah dibahas di dalam kitab Usada Yeh. Menurut Ayurveda air dibagi atas dua jenis, yakni air yang jatuh dari langit (divya udaka) dan air yang memang sudah ada di bumi (bhauma udaka). Kedua jenis air ini terbagi lagi atas berbagai macam jenis air. Divya udaka terbagi atas 4 macam air, yakni dharaja dviya udaka, karakajata dviya udaka, tausara dvya udaka dan haima dviya udaka. Sedangkan bhauma udaka terbagi atas tiga tipe, yakni anupa bhauma udaka, jangala bhauma udaka dan sadharana bhauma udaka.

Masing-masing dari jenis air ini mempunyai khasiat sendiri-sendiri, tergantung rasa, guna dan virya yang dikandungnya. Pengolahan terhadap air dan perlakuan yang diberikan terhadapnya memegang peranan penting dalam meningkatkan khasiatnya sebagai obat. Berbagai penyakit dapat disembuhkan oleh air. Selain itu air ini dapat pula dipergunakan sebagai penguat atau meningkatkan kerja organ tubuh.

Air kelapa walaupun tidak termasuk kedua jenis air ini dimasukkan juga sebagai air yang dapat dipergunakan sebagai obat, karena berkhasiat antara lain sebagai tonikum penguat jantung. Itulah sebabnya menurut Ayurveda air itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan derajat kesehatan tubuh manusia.

Source: Ida Bagus Gde Yudha Triguna l Warta Hindu Dharma NO. 484 Mei 2007