Jadilah Pengusaha Hindu yang Kaya Raya

Om Suastiastu,

Saya penasaran terhadap fenomena sedikitnya pengusaha Hindu yang muncul dalam panggung bisnis nasional. Apakah Weda tidak mengajarkan agar umat Hindu juga mengembangkan bisnis? Adakah hal ini disebabkan tetua kita yang lebih banyak mengajarkan agar kita hidup sederhana? Atau karena kita diajarkan berdoa hanya untuk memohon lebih banyak keselamatan, tanpa boleh memohon kekayaan?

Rasa penasaran saya pupus ketika saya menemukan sebuah sloka dalam Reg Weda yang berbunyi:

"Mahas ca rayo revatas krdhi ah"
"Ya, Hyang Widhi, anugerahkanlah kekayaan yang berlimpah kepada kami"
(Reg Veda X.22.15)

Ternyata dalam kitab suci Weda terdapat doa yang luar biasa, yakni doa untuk memperoleh kekayaan yang berlimpah. Hal ini berarti sebagai umat Hindu kita memang diperkenankan untuk hidup kaya raya dengan kekayaan berlimpah.

Namun demikian, kekayaan yang kita peroleh hendaknya tidak kita nikmati sendiri, tetapi juga bisa bermanfaat bagi orang lain. Weda juga mengajarkan agar uang atau kekayaan yang kita peroleh bisa bermanfaat bagi orang lain. Ada sebagian dari kekayaan kita yang kita sisihkan untuk orang lain yang memerlukan. Dalam kitab Yajur Weda ditulis sebagai berikut:

"Suviryasya rayasposasya daditarah syama"
"Mari kita berikan uang untuk kesejahteraan orang lain yang memerlukan"
(Yajurveda VI.14)

Di samping itu, kebermanfaatan kekayaan kita bagi orang lain dapat diwujudkan dengan menjalankan bisnis. Sloka berikut yang menjadi landasannya:

"Murdhanam raya arabhe"
"Kami memperoleh uang agar kami bisa mengembangkan bisnis-bisnis kami"
(Rg. Veda I.24.5)

Dengan mengembangkan bisnis, kekayaan kita bisa bermanfaat bagi banyak orang. Orang yang menggunakan produk/jasa yang kita hasilkan adalah contoh orang yang merasakan manfaat. Contoh lain adalah pemasok/suplier dan pegawai yang kita rekrut. Semakin berkembang bisnia kita, semakin banyak orang yang memperoleh manfaat dari kekayaan kita.

Di samping melalui bisnis, Hindu juga mengajarkan agar uang/kekayaan kita terus berkembang. Salah satunya adalah dengan melakukan investasi. Dengan investasi yang menguntungkan, kekayaan kita akan semakin berlimpah. Doa agar investasi kita senantiasa menguntungkan ternyata ada pada kitab Atharwa Weda, yaitu:

"Tan me bhuyo bhavatu ma kaniyah"
"Ya Tuhan, semoga investasi hamba senantiasa memberikan keuntungan"
(Atharva Veda III.15.5)

Investasi ada berbagai macam bentuk. Bisa investasi saham di pasar modal, membeli properti (tanah kavling, rumah, atau apartemen), logam mulia, reksa dana, dan lain-lain. Agar investasi kita senantiasa menguntungkan, silakan sering-sering melantunkan doa di atas.

Sungguh luar biasa ajaran Hindu. Mari kita sebarluaskan ajaran ini agar lebih banyak umat Hindu yang terinspirasi untuk mengembangkan kekayaannya, baik itu melalui bisnis maupun investasi yang menguntungkan.

Semoga ke depan banyak bermunculan pengusaha Hindu di pentas nasional. Semoga kekayaan yang kita miliki semakin berkembang dan berlimpah, sehingga kita juga bisa membantu saudara-saudara kita yang memerlukan

Salam berkelimpahan bahagia.

Om santih santih santih Om

Oleh: I Nyoman Widia.
Ketua Badan Penyiaran Hindu (BPH) Pusat